Oleh: Madya Ahdiyat
Ketua Bidang Pendidikan DPW PUI Jawa Barat/Wakil Rektor I Universitas Halim Sanusi PUI Bandung

Cianjur menjadi contoh baik untuk sekolah-sekolah di lingkungan PUI se-Jawa Barat. Setelah MPLS dan MATSAMA, DPD PUI Kab. Cianjur dan sekolah-sekolah PUI yang ada di Kabupaten Cianjur, sukses melaksanakan Kemah Pandu Intisab Pelajar PUI.

Acara yang diinisiasi dan dilaksanakan secara ‘keroyokan’ baik struktur maupun banom dan lembaga pendidikan ini layak untuk mendapatkan apresiasi. Jumlah peserta yang hadir begitu membludak, baik siswa SMP, MTS dan sederajat atau SMA, SMK, MA dan sederajat menunjukkan antusiasme yang tinggi dari para peserta.

Apalagi acara ini dihadiri langsung oleh Ketua Umum DPW PUI Jawa Barat, K.H. Iman Budiman, S.Th.I, M.Ag. Selain memberikan motivasi untuk semangat mewujudkan mimpi, juga mengingatkan tentang peran penting pelajar dalam membangun negeri.

Rencananya acara akan dilaksanakan selama dua hari satu malam, tanggal 21-22 Juli 2023 di Bumi Perkemahan Sarongge Valley, Cipanas Cianjur. Sebuah kawasan yang memiliki hamparan perkebunan teh yang hijau dan kontur bukitnya yang turun naik yang begitu indah. Suhunya yang dingin dan bersahabat membuat acara Kemah Pandu Intisab berjalan dengan lancar dan syahdu.

Kemah Pandu Intisab adalah salah satu sarana pembinaan anggota PUI yang dilakukan dalam bentuk kegiatan yang terintegrasi dalam sebuah acara kemah untuk melatih kemandirian dan kebersamaan. Kegiatan ini dilaksanakan dari tingkat pelajar sampai anggota dewasa.

Sebagaimana sarana utama dan sarana-sarana pembinaan lainnya, Kemah Pandu Intisab berisi taurits (pewarisan), tadrib (pelatihan) dan tajribat (pengimplementasian) nilai-nilai Intisab dan Ishlah Tsamaniyah yang akan diinternalisasikan kepada seluruh peserta dan bukan hanya sekedar transfer knowledge dan berbagi pengalaman semata.

Dan kebetulan pelaksanaan Kemah Pandu Intisab sekarang ini ditujukan untuk para pelajar sekolah di lingkungan PUI se-Kabupaten Cianjur yang tergabung dalam Hijar PUI. Di tingkat berikutnya ada acara serupa untuk mahasiswa yang tergabung dalam Hima dan untuk anggota PUI dan badan otonom.

Selamat melaksanakan Kemah Pandu Intisab Pelajar PUI se-Kabupaten Cianjur dan semoga acara tersebut menghasilkan kader-kader PUI yang tangguh dan istiqomah di masa yang akan datang. (CB)

Written by PUI Jabar

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *