Connect with us

Intisabi

Ormas Islam Harus Kembangkan Budaya Menulis

Published

on

asep s muhtadiINTISABI — Kita berdosa karena mengabaikan warisan para ulama, yakni menulis. Setelah Buya Hamka, misalnya, tidak ada lagi ulama yang produktif menulis. Umat Islam akan kian terpuruk jika tidak mengembangkan kembali budaya menulis. Ormas Islam pun, kalau ingin maju, harus mengembangkan budaya menulis di kalangan kadernya.

Demikian dikemukakan pakar komunikasi Dr. H. Asep S. Muhtadi saat menjadi pemateri Diklat Jurnalistik PW PUI (Persatuan Ummat Islam ) Jabar yang diikuti sekitar 25 peserta utusan PD PUI se-Jawa Barat, Ahad (28/6). “Nabi menegaskan, beliaua adalah gudangnya ilmu dan Ali (bin Abi Thalib) adalah pintu masuknya. Ali sendiri menegaskan, ikatlah ilmu itu dengan menulis,” ujar Asep S. Muhtadi yang juga anggota Dewan Pakar PW PUI Jabar.

Dalam paparannya, Dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN SGD Bandung ini memotivasi para peserta untuk rajin menulis. Ia menjawab semua pertanyaan peserta seputar kesulitan yang dihadapi oleh penulis pemula. “Menulis itu mudah,” katanya. “Tinggal ada niat, ada tekad.” Ditegaskannya, kita harus mau meluangkan waktu khusus untuk menulis, juga memperkaya wawasan dengan membaca.

Diklat Jurnalistik PW PUI Jabar ini merupakan yang kedua kali. Diklat pertama dilakukan Januari lalu sekaligus persiapan penerbitan Majalah INTISABI. Diklat kali ini, selain menampilkan Asep S. Muhtadi, juga diisi oleh Pemimpin Redaksi Majalah INTISABI Asep Syamsul M. Romli alias Kang Romel yang menyampaikan materi tentang cara menulis berita dan artikel.

Kang Romel memaparkan “rumus jitu” menulis berita, yakni “Who Does What When Where Why How”, sekaligus dipraktekkan peserta saat itu juga. Selain “duo Asep”, pemateri terakhir adalah Kepala Biro Media PW PUI Jabar, Drs. H. Hasan Syukur tentang teknik reportase dan pendalaman berita.

Pada akhir acara, seluruh peserta ditugaskan oleh Kang Romel untuk menulis minimal satu berita dan satu artikel, untuk dimuat di Majalah INTISABI edisi mendatang (15 Juli 2009). “Kirimkan via email ke redaksi_intisabi@yahoo.com atau romeltea@yahoo.com, lebih cepat lebih baik,” katanya yang disambut tawa peserta.*

Continue Reading
3 Comments

3 Comments

  1. romeltea

    04/05/2016 at 11:49

    hayu atuh… ibda binafsik… ^_^

  2. Usep Lukman

    04/05/2016 at 11:49

    Hayu ah… urang fastabiqul kitabah. diawali dengan satu coretan insyaAllah "ilham" segera bermunculan

  3. deden tazdad h

    04/05/2016 at 11:49

    ass.,kmh dramang para wargi sadaya!!!!
    insya alloh simkuring ngawakilan t PUI Kota tsm bd nyelenggarakn event adat sunda temana insya alloh prkawis ADAT SUNDA TERANGKAT EKONOMI MASYARAKAT PUN TERANGKAT

    MOHON DO'A dan DUKUNGAN'y dri p.gubernur.,.
    htr nhun
    Wasslm

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita PW

Majalah Intisabi Sudah Terbit, Siap Edar!

Published

on

COVER INTISABI9PUIJABAR.ORG — Majalah Intisabi PW PUI Jabar sudah terbit akhir pekan lalu, sudah beredar di sejumlah kader PUI Kota Bandung, dan siap beredar di PD-PD PUI se-Jawa Barat. Tim distributor siap menyebarkannya ke PD-PD PUI se-Jabar.

Majalah INTISABI edisi khusus Ramadhan ini memuat sejumlah kajian dan informasi seputar Ramadhan, seperti Kolom H. Ahmad Heryawan, Kolom H. Miftah Faridl, H. Iding Bahruddin, H. Djadja Djahari, H. Eka Hardiana, Wawancara H. Fauzan Jaenuri, dan sejumlah pengurus PW PUI Jabar lainnya.

Ada panduan kegiatan/program Ramadhan PP PUI juga silabus ceramah Ramadhan. (mel/puijabar.org).*

Continue Reading

Berita PW

Majalah Intisabi Segera Terbit, Kirim Tulisan!

Published

on

Majalah Intisabi PUIAssalamu’alaikum!
Majalah INTISABI terbitan PW PUI Jabar (www.puijabar.org) akan terbit jelang Ramadhan. Diwajikan atas PD-PD PUI se-Jabar agar mengirimkan AGENDA KEGIATAN RAMADHAN-nya untuk dimuat di majalah Intisabi. Upami aya seratan ngenaan puasa dan ramadhan juga mangga dikirim aja.

Kirim via email ke: romeltea@yahoo.com paling lambat Rabu (26 Juni 2013). Diantos pisan!!!! Nuhun….

AYO BUKTIKAN, PUI ITU ADA!!!!

Wasalam.
ASM. Romli, KaBiro Media PW PUI Jabar/Pemred Intisabi

Continue Reading

Berita PW

Majalah INTISABI Segera Terbit, Kirimkan Naskah Anda!

Published

on

Majalah INTISABI terbitan PW PUI Jabar insya Allah terbit lagi APRIL 2012 dan direncanakan terbit berikutnya sebulan sekali.

Untuk tema edisi APRIL tentang PERAN KAUM MUSLIMAH DALAM DAKWAH & PERAN WANITA PUI DALAM KIPRAH PUI. Redaksi menerima kontribusi tulisan sesuai dengan tema tersebut atau tema lain tentang keumatan dan keislaman lainnya.

Kepada PD-PD dan PC-PC serta lembaga lainnya di lingkungan PW PUI Jabar, diharapkan mengirimkan berita kegiatannya/pelaksanaan program.

Silakan kirimkan naskah Anda via email ke: romeltea@yahoo.com

Naskah diterima paling lambat (deadline) tanggal 25 Maret 2012. Edisi April akan terbit 15.000 eksemplar sehingga lebih banyak jamaah PUI yang akan mendapatkannya. (Biro Media PW PUI Jabar).*

Continue Reading

@ Copyright - Infokom DPW PUI Jabar