Musyawaah Daerah ke-V Persatuan Umat Islam Kabupaten Kuningan dibuka secara resmi oleh Bupati Kuningan H Aang Hamid Suganda S.Sos. Musyarawah yang dihadiri oleh  ratusan anggota dan pengurus Persatuan Umat Islam Kabupaten Kuningan digelar di resstoran Lembah Ciremai cafe dan resto, Sabtu (29/10).

Ketua Panitia Musda Drs. H. Maslahat dalam laporannya menjelaskan, kegiatan musda ini bertujuan untuk mengevaluasi program kerja yang telah dilaksanan, memilih pimpinan daerah PUI kabupaten Kuningan periode 2011-2012, memilih pimpinan wanita PUI Kabupaten kuningan, Pimpinan Pemuda PUI Kabupaten Kuningan dan menyusun program kerja kedepan. “Selain itu, musda ini juga sebagai ajang silaturahmi para anggota PUI Kabupaten Kuningan”tambahnya.

Sementara, Pimpinan Daerah Persatuan Umat Islam Kabuaten Kuningan, Drs. H. Makmur dalam sambutannya mengungkapkan, regenerasi dalam organisasi adalah hal mutlak dan berkesinambungan. Musda ini merupakan sebuah ajang demokratis dalam sebuah organisasi dan bisa dijadikan ajang silaturahmi antar sesama anggota.

“Diharapkan, kedepannya, anggota PUI di kabupaten Kuningan akan terus bertambah”ungkapnya

Hal senada disampaikan ketua Pengurus Wilayah Persatuan Umat Islam (PW PUI) Jabar, K.H. Iding Bahrudin, M.M.Pd. Ia menjelaskan tentang perkembangan organisasi PUI Jawa Barat. Saat ini, PW PUI sedang menata kembali organisasi PUI mulai tingkat terbawah sampai pusat. Kedepan, diharapkan PUI jawa Barat akan memiliki 5000 ranting.

Organisasi Persatuan Umat Islam (PUI) ini kata Iding, merupakan mitra dari pemerintah, baik dalam bidang pendidikan, bidang pemeberdayaan ekonomi maupun bidang kemasyarakatan lainnya, PUI selalu bekerjasama dengan pemerintah.

“Saya mengingatkan kepada para pengurus yang nantinya akan terpilih, bahwa PUI tidak bisa bekerja sendirian, tetapi harus bersama-sama dengan organisasi yang lainnya  untuk bekerjasama dalam membangun bangsa Indonesia,”ujarnya

Sementara, Bupati Kuningan, H Aang  Hamid Suganda  dalam sambutannya  memuji kiprah PUI, karena telah berperan startegis untuk secara sinergis bersama organisasi kegamaan lainnya membangun dan membina kehidupan beragama dalam format sebagaimana dikehendaki dalam agama. Yaitu, terwujudnya umat yang satu dan terbaik dipandang dari segi akidah, syari’ah maupun  muamalahnya.

“Lebih dari itu, organisasi PUI orientasi programnya berhasil mendukung pembangunan dunia pendidikan seperti pada tingakat MI, MTS, MA. Bahkan, sekolah menengah umum dan kejuruan memberikan sumbangsih yang sangat besar dalam penciptaan, penyediaan SDM yang dilandasi oleh petunjuk dan tuntutan agama”pungkasnya. (kuningannews.com)

Written by puijabar

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *