Connect with us

Kabar PD

Dadan Supardan Pimpin DPD PUI Kab. Kuningan

Published

on

KAB. KUNINGAN, INTISABIPD PUI Kabupaten Kuningan menyelenggarakan Musyawarah Daerah (Musda) di Gedung Lembah Ciremai Cilimus Kab. Kuningan, Sabtu 29 Oktober 2011. Musda diikuti 130 orang peserta dari 13 Pimpinan Cabang yang telah dibentuk di Kabupaten Kuningan. Musda yang berlangsung sehari penuh itu telah menetapkan pengurus baru untuk Periode Kepemimpinan 2011-2014.

Ketua yang terpilih untuk memimpin PD PUI Kabupaten Kuningan 2011-2014 ialah K.H. Ma’mur sebagai Ketua Dewan Syari’ah Daerah, Ir.Dede Rustandi (Ketua Dewan Pertimbangan Daerah), dan Drs. Dadan Supardan (Ketua Dewan Pengurus Daerah).

Ketua PD Wanita PUI Dra. Ika Kartika dan Ketua Pemuda PD PUI Kuningan Gugun Abdul Basit

Kegiatan yang dilaksanakan oleh PUI Kabupaten Kuningan selama ini bidang da’wah dan pendidikan yaitu melanjutkan garapan yang telah dilaksanakan di beberapa tempat oleh pengurus PD PUI Kabupaten Kuningan.

PD PUI Kabupaten Kuningan dalam berbagai even kegiatannya tidak pernah mendapatkan bantuan dari pemerintah. Demikian diutarakan Drs. Dadan Supardan dalam kata sambutannya di depan hadirin pada pembukaan Musda.

Musda dibuka secara resmi oleh Bupati Kuningan H. Aang Hamid Suganda S.Sos. Dalam sambutannya  ia memuji kiprah PUI karena telah berperan startegis untuk secara sinergis bersama organisasi kegamaan lainnya membangun dan membina kehidupan beragama dalam format sebagaimana dikehendaki dalam agama. Yaitu, terwujudnya umat yang satu dan terbaik dipandang dari segi akidah, syari’ah maupun  muamalahnya.

“Lebih dari itu, organisasi PUI orientasi programnya berhasil mendukung pembangunan dunia pendidikan seperti pada tingakat MI, MTS, MA. Bahkan, sekolah menengah umum dan kejuruan memberikan sumbangsih yang sangat besar dalam penciptaan, penyediaan SDM yang dilandasi oleh petunjuk dan tuntutan agama”pungkas Bupati.

Ketua Panitia Musda Drs. H. Maslahat dalam laporannya menjelaskan, musda ini bertujuan untuk mengevaluasi program kerja yang telah dilaksanan, memilih pimpinan daerah PUI kabupaten Kuningan periode 2011-2012, memilih pimpinan wanita PUI Kabupaten kuningan, Pimpinan Pemuda PUI Kabupaten Kuningan dan menyusun program kerja kedepan. “Selain itu, musda ini juga sebagai ajang silaturahmi para anggota PUI Kabupaten Kuningan”tambahnya.

Drs. H. Makmur dalam sambutannya mengungkapkan, regenerasi dalam organisasi adalah hal mutlak dan berkesinambungan. Musda ini merupakan sebuah ajang demokratis dalam sebuah organisasi dan bisa dijadikan ajang silaturahmi antar sesama anggota. “Diharapkan, ke depannya, anggota PUI di kabupaten Kuningan akan terus bertambah”ungkapnya.

Hal senada disampaikan Ketua Umum PW PUI Jabar, HM. Iding Bahrudin, M.M.Pd. Ia menjelaskan tentang perkembangan organisasi PUI Jawa Barat. Saat ini, PW PUI sedang menata kembali organisasi PUI mulai tingkat terbawah sampai pusat. Ke depan, diharapkan PUI jawa Barat akan memiliki 5.000 ranting.

PUI ini kata Iding, merupakan mitra dari pemerintah, baik dalam bidang pendidikan, bidang pemeberdayaan ekonomi maupun bidang kemasyarakatan lainnya, PUI selalu bekerjasama dengan pemerintah.

“Saya mengingatkan kepada para pengurus yang nantinya akan terpilih, bahwa PUI tidak bisa bekerja sendirian, tetapi harus bersama-sama dengan organisasi yang lainnya  untuk bekerjasama dalam membangun bangsa Indonesia,”ujarnya.  (Alma’/Ki Udin/Intisabi)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kabar PD

Musda PUI Kota Tasik Berlangsung Lancar

Published

on

pui tasik1pui tasik2PUIJABAR.ORG — Musyawarah Daerah (Musda) III DPD PUI Kota Tasikmalaya, Minggu 8 September 2013,  di Pendopo Kota Tasikmalaya berlangsung lancar.

Pengurus PW PUI Jabar yang menghadiri Musda tersebut, Nurhali Ahsan, dalam rapat rutin Reboan PW PUI Jabar, Rabu (11/9) melaporkan, jumlah peserta Musda sekitar 500 orang dan berlangsung satu hari.

Terpilih sebagai Ketua Dewan Pertimbangan Aceng Muharam, Dewan Syariah Ust. Anang Lukman, dan Ketua Pimpinan Daerah Asep Deni.

PD PUI lainnya yang segera melaksanakan Musda dalam waktu dekat adalah DPD PUI Kota Bogor (Musda Luar Biasa), DPD PUI Kab. Sumedang yang menurut rencana digelar pada 2-3 November 2013, DPD PUI Kota Banjar, DPD PUI Kab. Ciamis, dan DPD PUI Kota Cirebon. (mel/puijabar.org).*

Continue Reading

Kabar PD

PD PUI Kab. Pangandaran Diresmikan

Published

on

pui pangandaranPimpinan Daerah Persatuan Ummat Islam (PD PUI) Kabupaten Pangandaran diresmikan Sabtu, 6 Juli 2013 oleh PW PUI Jabar. PD PUI Kab. Pangandaran terbentuk pada 29 Juni 2013 melalui musyawarah pembentukan pengurus yang dihadiri 20 pengurus. Jajaran pengurus PD PUI Kab. Pangandaran yang dilantik antara lain Drs. H. Husen Nuryadin (Ketua Pengurus Harian), Abdul Manap (Sekretaris), dan Hj. Hamidah (Bendahara). *

Continue Reading

Kabar PD

Yayasan Al-Intisab Bogor Adakan Tahrif Ramadhan 1434 H

Published

on

Samsi Akbar Aflah

Ketua Yayasan Al-Intisab Bogor Samsi Akbar Aflah sedang menyerahkan Penghargaan kepada santri yang berprestasi.*

Yayasan Al-Intisab Bogor menyelenggarakan Tahrif Ramadhan 1434 H, Selasa (1/7/2013). Acara dihadiri ribuan orang. “Jamaah sebanyak ini adalah warga PUI,” kata pendiri dan Ketua Yayasan Al-Intisab Bogor, Samsi Akbar Aflah.

Turut hadir juga di acara tersebut Sekretaris Majelis Syuro PUI  yang juga calon Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dari Jawa Barat, H. Nazar Haris. Dalam sambutannya, Nazar mengatakan, yang dilakukan Samsi Akbar sebagai kader PUI pantas dicontoh seluruh kader PUI yang lain.

Tahrif Ramadhan Yayasan Al-Intisab Bogor juga dihadiri Sekda Kabupaten Bogor, Hj. Nurhayanti, yang saat ini menjadi calon Wakil Bupati Bogor berpasangan dengan H. Rahmat Yasin (Bupati Bogor saat ini).

Tahrif Ramadhan tersebut dirangkai dengan acara tasyakuran Akhir Tahun Pelajaran 2012-2013. Menurut Samsi, ini merupakan kegiatan rutin tahunan setiap kenaikan kelas atau kelulusan yang di Bogor lebih populer dengan nama Samenan”.

Hadir juga dalam acara tersebut Ketua Dewan Pertimbangan Daerah PUI Kab. Bogor  KH. Encep Tdjuddin Noor, KH. Drs. Ahmad Djwaeni,MA sebagai muwajih, Drs. KH. Cecep Sonhaji (Ketua Bagian Dakwah dan Tarbiyah PUI Kabupaten Bogor). Tampak hadir pula Sekretaris FKDT Kabupaten Bogor yang juga Ketua DPC PUI Kecamatan Cisarua Kabupaten Bogor, Ust. Jalaludin Al Mahali.

Ingin Melahirkan Generasi Tangguh

Yayasan Al-Intisab di Kp. Kandang Sapi, Desa Leuwimekar, Kec. Leuwiliang, Kab. Bogor didirikan Samsi Akbar Aflah yang kini menjabat Sekjen DPD PUI Kab. Bogor.

Yayasan yang bergerak di bidang pendidikan, sosial, keagamaan, dan kemanusiaan ini ia rintis sejak 2005. Kini Yayasan Al-Intisab sudah memiliki berbagai lembaga pendidikan, di antaranya PAUD Islam Terpadu Al-Intisab, Taman Pendidikan Al-Quur’an ( TPQ ) Al-Intisab, Madrasah Diniyah Al-Intisab, serta Majlis Taklim Al-Fadhilah.

Saya sengaja mendirikan pendidikan keagamaan non formal, sebab pendidikan agama Islam di sekolah formal sudah sangat terbatas,” kata Samsi. “Hal ini tentunya bentuk pengabdian saya sebagai kader PUI dalam melakukan dakwah di Kabupaten Bogor,” imbuhnya.

Samsi Akbar Aflah yang juga Direktur CV. TAHA ini mengatakan, latar belakang dirinya ingin membangun Yayasan Al-Intisab Bogor ini karena karena ingat dengan Qur’an Surat An-Nisa ayat 9 , “Dan hendaklah kamu sekalian takut kepada Allah SWT, seandainya kamu meninggalkan generasi yang lemah dalam bidang ilmu pengetahuan dan kesejahteraan mereka” .

Dasar pemikiran yayasan yang dibangun Samsi itu adalah untuk melahirkan Generasi Robbani yang senantiasa menjadikan Allah SWT sebagai orientasi dalam kehidupanya serta memiliki kecerdasan dan kemampuan dalam menghadapi berbagai persoalan hidup yang menjadin pilar bagi tegaknya kemuliaan umat di zaman ini.

Menurut Samsi, hal itu menjadi harapan bagi semua hamba Allah SWT yang ada dimuka bumi ini. “Sebagai upaya mewujudkan harapan itu, maka yayasan kami siap menjadi fasilitator dalam merealisasikan agenda besar tersebut. Yayasan kami juga mengajak kaum Muslimin untuk andil berkontribusi dalam beramaliah,” kata Samsi. (mel/puijabar.org)*

Continue Reading

@ Copyright - Infokom DPW PUI Jabar