Connect with us

Kabar PD

PUI Kota Cirebon Dirikan Posko Anti-Putus Sekolah

Published

on

PD PUI Kota Cirebon mendirikan “POSKO PUI” Anti Putus Sekolah,  Pengangguran, dan PPJJ SMK di Kelurahan Argasunya.

PUI Kota Cirebon menetapkan program unggulan tahun 2013-2018 dengan mendekatkan pelayanan pendidikan kepada kaum dhu’afa,  terutama di daerah  perbatasan kabupaten-kota Cirebon. Salah satu kelurahan yang menjadi sasaran tahun ini adalah Kelurahan Argasunya.

Luas wilayahnya  6,75 km2 (18,07% dari luas Kota Cirebon 37,35 km2),  letaknya 7 km dari Pusat Kota, arah keselatan, berbatasan dengan kecamatan Mundu dan Beber Kabupaten Cirebon., berpenduduk 17.783 orang  ( 6% dari penduduk Kota Cirebon sebesar 300.000 orang). Hampir semuanya beragama Islam. Hanya sedikit yang beragama Nasrani dan Budha.  Penduduk  umur 05-19 tahun 6593 orang yang seharuanya menjadi siswa SD-SLA..

Berbeda dengan 21 kelurahan lainnya di Kota Cirebon, anak yang terdidik di tujuh SD yang ada di Agasunya  1532 orang dari …. orang berusia 05-12 orang yang sepantasnya SD. Satu SMP Negeri dan satu SMA Negeri didirikan di tetangga kelurahan ini   sehingga setiap anak SD yang mau meneruskan ke SMP harus keluar dari kelurahannya yang besar itu.

PUI Kota Cirebon melihat sulitnya tercapai keluarga yang terdidik baik apabila mereka dipaksa untuk bersekolah di luar lokasi kelurahannya. Mereka keberatan dari uang transportasi dan jajan anaknya. Mungkin SPP dapat diatasi dari bantuan Pemerintah (BOS) tetapi biaya transpoprtasi  akan sulot diperoleh sumber pendanaannya.

Alternatif lain kita menyediakan uang transportasi anak, atau menyediakan bus sekolah, tetapi inipun lebih berat merealisasikannya. Maka telah disepakati bersama Disdik, Camat Harjamukti, Lurah Argasunya, tokoh masyarakat  11 orang ketua RW dan 58 orang ketua RT pembentukan tim POSKO Anti Putus Sekolah dan Pengangguran di Argasunya dengan kegiatan konkritnya mendata, menyusun program aksi, memotivasi sasaran yaitu anak usia sekolah dan pemuda penganggur untuk bersekolah, melaksanakan diklat di pendidikan formal SMK PUI dan non formal  PKBM Handayani dan LKP Bintang PUI.

Program ini sekarang sedang menerima pendaftaran siswa baru untuk PPJJ SMK PUI di Argasunya. Mohon do’a dari seluruh warga PUI.  (Drs. H. A. Halim Falatehan, MM, PD PUI Kota Cirebon).*

Continue Reading
1 Comment

1 Comment

  1. Mahmud Yunus

    04/05/2016 at 11:49

    Wah program bagus tuh, saat kaum dlu'afa diperhatikan pendidikannya baik keterampilan buat dunianya maupun keterampilan buat akheratnya, artinya bagus anak-anak SMK itu tinggal di pesantren
    PUI.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kabar PD

Musda PUI Kota Tasik Berlangsung Lancar

Published

on

pui tasik1pui tasik2PUIJABAR.ORG — Musyawarah Daerah (Musda) III DPD PUI Kota Tasikmalaya, Minggu 8 September 2013,  di Pendopo Kota Tasikmalaya berlangsung lancar.

Pengurus PW PUI Jabar yang menghadiri Musda tersebut, Nurhali Ahsan, dalam rapat rutin Reboan PW PUI Jabar, Rabu (11/9) melaporkan, jumlah peserta Musda sekitar 500 orang dan berlangsung satu hari.

Terpilih sebagai Ketua Dewan Pertimbangan Aceng Muharam, Dewan Syariah Ust. Anang Lukman, dan Ketua Pimpinan Daerah Asep Deni.

PD PUI lainnya yang segera melaksanakan Musda dalam waktu dekat adalah DPD PUI Kota Bogor (Musda Luar Biasa), DPD PUI Kab. Sumedang yang menurut rencana digelar pada 2-3 November 2013, DPD PUI Kota Banjar, DPD PUI Kab. Ciamis, dan DPD PUI Kota Cirebon. (mel/puijabar.org).*

Continue Reading

Kabar PD

PD PUI Kab. Pangandaran Diresmikan

Published

on

pui pangandaranPimpinan Daerah Persatuan Ummat Islam (PD PUI) Kabupaten Pangandaran diresmikan Sabtu, 6 Juli 2013 oleh PW PUI Jabar. PD PUI Kab. Pangandaran terbentuk pada 29 Juni 2013 melalui musyawarah pembentukan pengurus yang dihadiri 20 pengurus. Jajaran pengurus PD PUI Kab. Pangandaran yang dilantik antara lain Drs. H. Husen Nuryadin (Ketua Pengurus Harian), Abdul Manap (Sekretaris), dan Hj. Hamidah (Bendahara). *

Continue Reading

Kabar PD

Yayasan Al-Intisab Bogor Adakan Tahrif Ramadhan 1434 H

Published

on

Samsi Akbar Aflah

Ketua Yayasan Al-Intisab Bogor Samsi Akbar Aflah sedang menyerahkan Penghargaan kepada santri yang berprestasi.*

Yayasan Al-Intisab Bogor menyelenggarakan Tahrif Ramadhan 1434 H, Selasa (1/7/2013). Acara dihadiri ribuan orang. “Jamaah sebanyak ini adalah warga PUI,” kata pendiri dan Ketua Yayasan Al-Intisab Bogor, Samsi Akbar Aflah.

Turut hadir juga di acara tersebut Sekretaris Majelis Syuro PUI  yang juga calon Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dari Jawa Barat, H. Nazar Haris. Dalam sambutannya, Nazar mengatakan, yang dilakukan Samsi Akbar sebagai kader PUI pantas dicontoh seluruh kader PUI yang lain.

Tahrif Ramadhan Yayasan Al-Intisab Bogor juga dihadiri Sekda Kabupaten Bogor, Hj. Nurhayanti, yang saat ini menjadi calon Wakil Bupati Bogor berpasangan dengan H. Rahmat Yasin (Bupati Bogor saat ini).

Tahrif Ramadhan tersebut dirangkai dengan acara tasyakuran Akhir Tahun Pelajaran 2012-2013. Menurut Samsi, ini merupakan kegiatan rutin tahunan setiap kenaikan kelas atau kelulusan yang di Bogor lebih populer dengan nama Samenan”.

Hadir juga dalam acara tersebut Ketua Dewan Pertimbangan Daerah PUI Kab. Bogor  KH. Encep Tdjuddin Noor, KH. Drs. Ahmad Djwaeni,MA sebagai muwajih, Drs. KH. Cecep Sonhaji (Ketua Bagian Dakwah dan Tarbiyah PUI Kabupaten Bogor). Tampak hadir pula Sekretaris FKDT Kabupaten Bogor yang juga Ketua DPC PUI Kecamatan Cisarua Kabupaten Bogor, Ust. Jalaludin Al Mahali.

Ingin Melahirkan Generasi Tangguh

Yayasan Al-Intisab di Kp. Kandang Sapi, Desa Leuwimekar, Kec. Leuwiliang, Kab. Bogor didirikan Samsi Akbar Aflah yang kini menjabat Sekjen DPD PUI Kab. Bogor.

Yayasan yang bergerak di bidang pendidikan, sosial, keagamaan, dan kemanusiaan ini ia rintis sejak 2005. Kini Yayasan Al-Intisab sudah memiliki berbagai lembaga pendidikan, di antaranya PAUD Islam Terpadu Al-Intisab, Taman Pendidikan Al-Quur’an ( TPQ ) Al-Intisab, Madrasah Diniyah Al-Intisab, serta Majlis Taklim Al-Fadhilah.

Saya sengaja mendirikan pendidikan keagamaan non formal, sebab pendidikan agama Islam di sekolah formal sudah sangat terbatas,” kata Samsi. “Hal ini tentunya bentuk pengabdian saya sebagai kader PUI dalam melakukan dakwah di Kabupaten Bogor,” imbuhnya.

Samsi Akbar Aflah yang juga Direktur CV. TAHA ini mengatakan, latar belakang dirinya ingin membangun Yayasan Al-Intisab Bogor ini karena karena ingat dengan Qur’an Surat An-Nisa ayat 9 , “Dan hendaklah kamu sekalian takut kepada Allah SWT, seandainya kamu meninggalkan generasi yang lemah dalam bidang ilmu pengetahuan dan kesejahteraan mereka” .

Dasar pemikiran yayasan yang dibangun Samsi itu adalah untuk melahirkan Generasi Robbani yang senantiasa menjadikan Allah SWT sebagai orientasi dalam kehidupanya serta memiliki kecerdasan dan kemampuan dalam menghadapi berbagai persoalan hidup yang menjadin pilar bagi tegaknya kemuliaan umat di zaman ini.

Menurut Samsi, hal itu menjadi harapan bagi semua hamba Allah SWT yang ada dimuka bumi ini. “Sebagai upaya mewujudkan harapan itu, maka yayasan kami siap menjadi fasilitator dalam merealisasikan agenda besar tersebut. Yayasan kami juga mengajak kaum Muslimin untuk andil berkontribusi dalam beramaliah,” kata Samsi. (mel/puijabar.org)*

Continue Reading

@ Copyright - Infokom DPW PUI Jabar