Connect with us

Berita PW

Gubernur Jawa Barat Resmikan Masjid Raya Roudlatul Irfan Sukabumi

Published

on

peresmian masjid raudhatul irfan skbmi 1 peresmian masjid raudhatul irfan skbmi 2PUIJABAR.ORG — Gubernur Jawa Barat H. Ahmad Heryawan yang juga Ketua Majelis Pertimbangan DPP Persatuan Ummat Islam (PUI) meresmikan Masjid Raya Roudlatul Irfan Sukabumi, Senin 7 Juli 2014, pukul 17.45 WIB. Tampak hadir Ketua Umum PW PUI Jabar H. Iding Bahrudin dan Ketua PD PUI Kota Sukabumi Munandi Shaleh.

Nama masjid ini mengambil nama sebuah Tafsir Al-Qur’an yang monumental dan populis di wilayah Tatar Pasundaan hasil buah karya K.H. Ahmad Sanusi, seorang ulama besar Sukabumi yang pernah berkiprah dalam pentas pergolakan nasional di era 1920-an sampai dengan 1950-an.

Nama lengkap tafsir ini yaitu ROUDLATUL IRFAN FII MA’RIFATI AL-QUR’AN dengan karakteristik:

1. Metode yang digunakan adalah metode Ijmali (Global) artinya menafsirkan al-Qur’an dengan cara singjat dan global tanpa urzian panjang lebar

2. Bentuknya tergolong pada tafsir bi al-Ra’yi artinya tafsir ayat2nya didasarkan psda hasil Ijtihad mufassirnya dan menjadikan akal fikiran sebagai fikiran utamanya

3. Fokus dan aliran tafsir, bersifat umum, tanpa membawa pesan khusus atau netral dengan menjelaskan ayat-ayatnya secara proporsional, dll.

4. Langkah-langkah yang dilakukan oleh K.H. Ahmad Sanusi alam menafsirkan al-Qur’an, yakni :

a. Menterjemahkan secara harfiyah ke dalam bahasa Sunda

b. Menafsirkan sesuai dengan tertib susunan mushaf Utsmani

c. Maksud dijelaskan di sisi kanan dan kiri matan teks al-Qur’an dengan sederhana

d. Mengemukakan asbabul nuzul, jumlah huruf dan ayatnya

e. tidak mempersoalkan segi bahasa seoerti nahwu, sharaf, bikagzh, dll, namun mengutamakan segi makna

f. Tidak menjelaskan secara detail (Juz’iyyat) namun menjelaskannya secara universal (Kulliyat).

Continue Reading
1 Comment

1 Comment

  1. Syams Hidayat

    04/05/2016 at 11:49

    'Afwan kang, Komen nih. itu Kurang merinci tuh berita tentang Peresmian Masjid Raudhatul Irfan, … padahal yang hadir di sana bukan hanya Ketua PW & PD PUI Kota Sukabumi… tentunya yang hadir dan sebagai tuan Rumah Lokasi Masjid kan di Kab.SUkabumi, bahkan rengrengan pini sepuh (Majlis Syuro & Majlis Syari'ah) termasuk yang hadir disitu…
    Majulah PUI

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita PUI

Ketua Satgas Covid-19 PUI Jabar Bagikan Langsung Sembako untuk Terdampak Covid-19

Published

on

Serah terima Sembako kepada warga masyarakat


Ketua Satuan Tugas Covid-19 Persatuan Ummat Islam (PUI) Jawa Barat, Cecep Syarif A di dampingi oleh Sekretaris Umum DPW Wanita PUI Jawa Barat, Hj. Lela Nurlaela, membagikan secara langsung sembako untuk masyarakat terdampak Covid-19 di Kel. Cipadung Kota Bandung, Selasa (14/4).
“Ini adalah salah satu titik yang kami sambangi secara langsung. Insha allah beberpa titik di Jawa Barat akan kita datangi. Walaupun baru sedikit tiap titiknya, mudah0-mudahan ini bisa menjadi pemacu kita untuk terus berjuang dan menebarkan kebaikan” kata  Cecep Syarif kepada Humas Media jabar.org di sela-sela pembagian Sembako dan Masker.
Sembako ini merupakan hasil kerjasama PUI dengan Kementerian Sosial Republik Indonesia. Ada ribuan sembako yang dibagikan kepada masyarakat dengan kategori Lansia, Masyarakat Miskin, Penyandang Disabilitas, Anak Yatim dan Dhuafa. 
Tidak hanya sembako, paket yang dibagikan juga ada perlengkapan sekolah untuk anak-anak dan juga baju dewasa serta masker dari beberapa Donatur.
“Terima Kasih kepada para donatur yang tidak bisa di sebutkan namanya satu persatu, mudah-mudah ini menjadi bekal kita di akhirat dan semoga allah membalas semua kebaikan kita semua.” pungkasnya.
Continue Reading

Berita PUI

SATGAS Covid-19 PUI Jabar serahkan Sembako untuk Masyarakat Terdampak Covid-19

Published

on


Ketua Umum Dewan Pengurus Wilayah Persatuan Ummat Islam, Engkos Kosasih, didampingi Ketua Satgas Covid-19 Persatuan Ummat Islam (PUI) Jawa Barat, Cecep Syarif Arifin memberikan sembako secara simbolis untuk masyarakat terdampak Covid-19 di Kediaman Ketua Majelis Syura PUI di Kab. Bandung, Senin (13/4).
Sembako ini merupakan kerjasama antara Persatuan Ummat Islam (PUI) dengan Kementerian Sosial Republik Indonesia memberikan donasi kepada masyarakat tidak mampu, khususnya masyarakat yang terkena dampak wabah Covid-19. 
“Tentu tidak mencukupi, Paling tidak PUI bersama komponen bangsa lainnya ikut serta meringankan dampak dari Covid-19 yang melanda kita semuanya, khususnya bagi masyarakat  Lansia, Masyarakat Miskin, Penyandang Disabilitas, Anak Yatim dan Dhuafa.” kata Ketua Majelis Syura PUI, Ahmad Heryawan kepada Humas Media puijabar.org.
Tidak hanya sembako bagi masyarakat miskin, paket yang dibagikan juga ada perlengkapan sekolah untuk anak-anak yatim dan bantuan alat bantu disabilitas. (Zoom)

Continue Reading

Berita PD

PUI Majalengka Gelar MUSDA XIV

Published

on

Foto bersama setelah acara Pembukaan Musda XIV PUI Kab. Majalengka
Pengurus Daerah Persatuan Ummat Islam (PUI) Kab. Majalengka melaksanakan Musyawarah Daerah (MUSDA) XIV PUI Kab. Majalengka yang dilangsungkan di Aula Hayati STAI PUI Majalengka, Kamis (4/7/2019). Musda dihadiri oleh Gubernur Jawa Barat Dr. KH. Ahmad Heryawan, L.c., M.Si  periode 2008 – 2018 yang juga merupakan Ketua Majelis Syuro PUI, dan Bupati Majalengka Dr. H. Karna Sobahi, M.Pd  periode 2019 – 2024 yang juga merupakan Ketua DPD PUI Kab. Majalengka selama 2 periode.
Dalam sambutannya, Ketua Majelis Syuro PUI Ahamd Heryawan mengatakan:
  1. Gemerlap orang lain mengalahkan gemerlapnya peradaban duniawi kita, akan tetapi kita tetap unggul dalam kegemerlapan ruhiyyah yaitu ridla Ilahi.
  2. Musda harus melanjutkan estapeta perjuangan para pendiri PUI.
  3. DPD PUI Kab. Majalengka memiliki status khusus karena tempat lahirnya Majlisul Ilmi tahun 1911, ini karena dasar organisasi yang jelas yaitu meninggikan kalimah Allah.
  4. Musda adalah tonggak sejarah membangun masa depan, tidak ada masa depan gemilang tanpa masa depan yang dicita-citakan. 
  5. Allah menjamin Islam tidak akan sirna. PUI bergerak di jalan Islam. berarti PUI akan lestari keberadaannya.

Bupati Majalengka Dr.  H. Karna Sobahi, M.Pd pada sambutannya mengatakan, Musda adalah ajang Silaturahim, evaluasi dan menyusun program lima tahun kedepan. “Susunlah program dengan cermat, identifikasi dan analisa selama program berjalan dan silahkan dengan program seperti itu Nahkodanya siapa, silahkan ploorkan,” tegas mantan Ketua PUI Majalengka itu. (tintahijau.com)
Pengukuhan Sebagai Ketua Terpilih
Dalam Musda tersebut, H. Asep Zaki terpilih menjadi Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Persatuan Ummat Islam (PUI) Kabupaten Majalengka menggantikan H. Karna Sobahi. H. Omo Karsono Okar sebagai Ketua Dewan Syariah Daerah PUI Majalengka dan H. Karna Sobahi selaku Ketua Dewan Pertimbangan Daerah PUI Majalengka periode 2019-2023. 
Setelah Proses pemilihan berakhir, kemudian dilanjutkan  Prosesi pengukuhan ketua terpilih oleh ketua DPW PUI Jawa Barat, DR. KH. Engkos Kosasih, L.c., M.Ag. Walaupun dalam keadaan mati listrik, akan tetapi proses pengukuhan berjalan lancar dan khidmat. (Zoom)
Continue Reading

@ Copyright - Infokom DPW PUI Jabar