Connect with us

Muswil PUI

PW PUI Jabar Gelar Seminar Nasional

Published

on

PW PUI Jabar Gelar Seminar Nasional

Dalam rangkaian pra Musyawarah Wilayah (Muswil) ke-8 PW PUI Jabar menggelar acara Seminar Nasional dengan tema “Siayasah Syar’iyah Dalam Teori dan Aplikasi” di ruang seminar Pusdai Jabar Sabtu (12/3/2016).

Seminar dihadiri perwakilan PD PUI se-Jabar, PW Wanita PUI,  Hima PUI, dan PP PUI.

Dalam sambutannya, Ketua Umum PW PUI Jabar H. Iding Bahruddin mengatakan, perkembangan perpolitikan yang dinamis berpengaruh pada kehidupan ummat Islam.

Ia mencontohkan, kehidupan kaum muslimin yang labil bahkan tak menentu yang berada di beberapa negara khususnya kawasan Timur Tengah atau Asia Pasifik yang tengah konflik salah satunya disebabkan adanya konflik politik.

“Di Indonesia sendiri dapat kita rasakan atau paling tidak bisa kita amati situasi saat ini,” ujarnya.

Untuk itu, ia mengajak warga PUI dan umat Islam pada umumnya untuk tidak meninggalkan siyasah dalam mengisi sekaligus mengawal kehidupan berbangsa dan bernegara sebagaimana yang telah diperjuangkan para ulama dan ummat Islam dalam merebut kemerdekaan.

seminar nasiona pw pui jabar 2Ketua Umum DPP PUI H. Nazar Haris dalam pengantarnya mengemukakan, siyasah syar’iyah dalam pengelolaan jalannya kehidupan berbangsa dan bernegara harus dipahami secara luas sehingga tidak terjebak dalam opini yang menyesatkan.

Dalam seminar ini dibahas tentang pandangan dan peran para pendiri PUI, KH Abdul Halim dan KH Ahmad Sanusi, dalam menerapkan siyasah syar’iyah pada masanya. Beberapa materi bahasan tersebut antara lain:

1. Tema: “Siyasah Syar’iyah Teoritik” dengan pemateri: Prof.Dr.H.Endang Soetari, Dr.Ending Solehudin dan Dr.Muh.Fauzan Jaenuri.

2. Tema: “Pandangan KH.Abdul Halim tentang Siyasah Syar’iyah dan penerapannya dalam Perjuangan Ummat Islam dan Bangsa Indonesia” dengan pemateri: KH.Kholid Fadullah,SH, Prof.Dr.H.Utang Ranuwijaya, dan Dr.Wawan Hernawan

3. Tema: “Pandangan KH.Ahmad Sanusi tentang Siyasah Syar’iyah dan penerapannya dalam Perjuangan Ummat Islam dan Bangsa Indonesia” dengan pemateri:Prof.Dr.H.Dedi Ismatullah, Drs H.Munadi Saleh dan Drs.H.Asep Mukhtar Mawardi.

4. Tema: “Penerapan Siyasah Syar’iyah di Mesir” dengan pemateri: Dr.H.Surahman dan Dr.H.Engkos Kosasih

5. Tema: “Penerapan Siyasah Syar’iyah di Turki” dengan pemateri: H.A.Rifai SE dan H.Ahmadi Thaha ,M.Si

6. Tema: “Transformasi Siyasah Syar’iyah pada Perundang-undangan Indonesia “ oleh Dr.H.Nurhasan Zaidi,M.Si

7. Tema: “Penerapan Siyasah Syar’iyah pada Kebijakan Pembangunan Jawa Barat “ oleh Dr.H.Ahmad Heryawan,Lc.M.Si yang diwakili Asda 3

8. Tema: “Penerapan Siyasah Syar’iyah pada Kebijakan Pembangunan Kabupaten Majalengka “ oleh Dr.H.Karna Sobahi,M.Pd selaku Wakil Bupati Majalengka.

9. Tema: “Penerapan Siyasah Syar’iyah pada Kebijakan Pembangunan Kota Sukabumi “ oleh H.Achmad Fahmi,S.Ag,MM selaku Wakil Walikota Sukabumi. [Iman]

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Muswil PUI

Jelang Muswil, Pengurus PUI Pusat Kunjungi DPW Jabar

Published

on

Jelang Muswil, Pengurus PUI Pusat Kunjungi DPW Jab

Puijabar.org — Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Ummat Islam (DPP PUI) melakukan kunjungan kerja ke Dewan Pimpinan Wilayah  (PW) PUI Jawa Barat Minggu (10/4/2016).

Pertemuan digelar di Hotel Narapati Kota Bandung tersebut dihadiri seluruh unsur Pimpinan Wilayah, seperti Dewan Syariah Wilayah, Dewan Pertimbangan Wilayah, Dewan Pakar Wilayah, Dewan Pengurus Wilayah, dan Pimpinan Wilayah Wanita PUI Jawa Barat.

Dari unsur DPP hadir Ketua Umum DPP PUI KH Nazar Haris didampingi Ketua Dewan Pertimbangan Pusat KH Nurhasan Zaidi.

Pertemyan membahas rencana strategis PUI setelah Musyawarah Wilayah VIII PUI Jabar. Diharapkan setelah kunjungan kerja, pengurus wilayah bisa membagi tugas atau menjadikan rekomendasi tugas dan beban kerja dalam memajukan PUI sesuai hasil Muktamar dan rapat Majelis Syura.

Dalam kesempatan tersebut hadir pula pemilik Hotel Narapati sekaligus anggota Dewan Pertimbangan PUI Hj. Tati.

Ceu Tati –demikian ia akrab disapa– memberikan motivasi dan berbagi pengalaman saat dirinya bersama ayahnya yang dulu pernah menjadi Bendahara Umum Pengurus Besar PUI (PB PUI).

Dalam motivasinya Ceu Tati berusaha membangkitkan semangat kaum muda agar jangan pernah lelah berjuang di jalan dakwah bersama di PUI. (Jumadi/Iman).*

Continue Reading

@ Copyright - Infokom DPW PUI Jabar