Connect with us

Berita PUI

PUI Ajak Umat Tegakkan Syariat dengan Meluruskan Makna Siyasah Syar’iyah

Published

on

Puijabar.org, Bandung — Ketua Umum PP PUI, KH.Nazar Haris,Lc mengungkapkan ,hingga saat ini masih banyak ummat Islam menerjemahkan Siyasah Syari’ah sebagai politik Islam semata, padahal makna yang sebenarnya luas. Politik Islam , sambung ustadz Nazar, hanyalah salah satu bagian dari bidang siyasah syar’iyah.

 “Dengan kata lain, Siyasah Syariyyah ini berbicara ihwal bagaimana pengembalian kekuasaan berada di atas legalitas Islam yakni Al-Qur’an dan Hadis. Kemudian perjuangan itu harus diarahkan kepada bagaimana kita yang mayoritas muslim ini berjalan di atas aturan-aturan syariat untuk kemaslahatan ummah,” ujar ustadz Nazar dalam Seminar Nasional bertema “Siyasah Syar’iyah Dalam Teori dan Aplikasi”  di Aula Pusdai Bandung,akhir pekan lalu.

 Menurut Ustadz Nazar, makna syariat itu luas yang bukan sebatas hukum potong tangan dan rajam saja. Syariat itu adalah sebuah sistem yang diturunkan Allah Swt., kepada manusia untuk menjadikan manusia selamat dunia dan akhirat. Ia memberi contoh seorang laki-laki berperilaku seperti perempuan dan sebaliknya yang dalam syariat dilarang.

 “Itu tidak boleh, karena itu melanggar syariat. Dalam tatanan sosial kemasyarakatan juga bertentangan” terangnya.

 Nazar pun menyampaikan aturan syariat itu apabila ditegakkan ujungnya adalah kebahagiaan bagi seluruh manusia itu sendiri. Dan bagaimana mengendalikan supaya syariat itu berjalan, imbuh Nazar, itulah yang disebut dengan Siyasah Syariyyah.

 “Persoalannya sekarang, ummat ini masih jauh dari pemahaman yang sebenarnya. Tentang apakah itu syariat Islam,sehingga perlu upaya bersama untuk menjelaskan kepada ummat hingga mereka paham” imbuhnya.

 Ia menambahkan jika nilai-nilai siyasah syar’iah ini diterapkan maka bisa dipastikan yang untung  atau mendapat manfaat bukan hanya umat Islam melainkan orang nonmuslim pun akan terlindungi bahkan seluruh alam. Karena misi sistem Islam itu adalah sistem yang diturunkan Allah Swt untuk mengayomi dunia (rahmatan lil ‘alaamiin).

 “Jika ummat ini tidak dipahamkan oleh kita maka mereka (ummat Islam yang awam) akan mengartikan siyasah syar’iyah sesuai dengan keinginan orang yang tidak mengerti Islam yakni para orientalis yang oleh mereka syar’iyah dipahami suatu peraturan yang kejam dan tidak sesuai dengan HAM. Nah,inilah tugas dai,ulama dan kaum muslimin untuk menjelaskan kepada saudara-saudara kita yang belum paham,”pungkasnya. [Iman]
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita PD

DPW PUI Jabar Lantik PD PUI Purwakarta

Published

on

Di tengah wabah covid 19  yang belum juga usai, tidak menyurutkan langkah dakwah Persatuan Ummat Islam (PUI) dalam menjalankan amanah Organisasi, salah satunya adalah dengan terselenggaranya Pelantikan Pimpinan Daerah. Pimpinan Daerah Persatuan Ummat Islam (PUI) Kab. Purwakarta resmi di lantik oleh Dewan Pengurus Wilayah PUI Jawa Barat.  Pelantikan di lakukan secara daring dan luring. (26/09)

Pelantikan juga di gabungkan dengan Pimpinan Daerah Wanita PUI Kab. Purwakarta. Ibu-ibu yang sangat semangat ingin sekali dilaksanakan secara luring, akan tetapi karena situasi yang belum memungkinkan maka di laksanakan secara daring dan luring. 

Dalam sambutannya Sekretaris Umum DPW PUI Jawa Barat, H. Saefullah Maruf menekankan agar kepengurusan PUI Purwakarta bisa menjadi organisasi percontohan. “Semoga PUI Kab. Purwakarta bisa menjadi organisasi percontohan di Jawa Barat”. 

Acara pelantikan meskipun dengan peserta undangan terbatas akan tetapi dilaksanakan secara khidmat dan penuh semangat. Apalagi dengan hadirnya Ust. Eka Hardiana sebagai ketua DPP PUI. dalam Taujihnya Ust. Eka sapaan akrabnya, menekankan pentingnya berjamaah, menjaga doktrin intisab dan Islah Tsamaniyah sebagai Doktrin Persatuan Ummat Islam (PUI). (Zoom)

Continue Reading

Berita

PUI Desak DPR Evaluasi Program Organisasi Penggerak Kemendikbud

Published

on

Organisasi Masyarakat yang lahir sebelum era kemerdekaan, Persatuan Ummat Islam, menyoroti polemik Program Organisasi Penggerak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Menurut Sekretaris Jenderal DPP PUI, Raizal Arifin, Secara kelembagaan PUI mengapresiasi yang menjadi program menteri Nadiem, tapi harus dievaluasi secara benar supaya tepat sasaran. “Banyak Ormas yang lahir sebelum kemerdekaan, yang sudah bergerak di Bidang pendidikan tanpa pamrih, sampai sekarang masih eksis,” kata Azzam, sapaan akrab Raizal Arifin, kepada Tim Media, Selasa (28/7).

Jadi, kata Azzam, tak elok Organisasi sebesar itu disama ratakan dengan lembaga yang baru kemarin sore lahir. “Kami berharap polemik ini segera berakhir, Mas Nadiem bisa mengadakan silaturahim bersama organisasi yang memiliki jaringan pendidikan agar program ini bisa berjalan efektif,” katanya. Ia juga mendesak, DPR RI perlu melakukan evaluasi yang menyeluruh terhadap Program Organisasi Penggerak Kemendikbud, supaya program ini benar-benar matang ketika di gulirkan. “Dengan semangat kebersamaan, semoga permasalahan pendidikan ini bisa cepat tuntas,” pungkasnya. (Zoom)

Continue Reading

Berita PUI

PUI Jabar Kunjungi Priangan Timur

Published

on

Foto Bersama Pengurus PUI Kab. Tasik, Jawa Barat dengan Irjend Pol (Purn) Dr. Anton Charliyan
Tasikmalaya, Dewan Pengurus Wilayah Persatuan Ummat Islam (PUI) Jawa Barat melakukan kunjungan Silaturahim dan Talim Ishlah ke Priangan Timur. Kunjungan pertama di lakukan ke DPD PUI Kab. Tasikmalaya. PUI Kab. Tasikmalaya menyambut baik dengan adanya kunjungan ini. Acara Silaturahim di Kab. Tasikmalaya berlokasi di Wana Wisata Batu Mahpar Kab. Tasikmalaya. Lokasi tersebut adalah milik Irjen Pol (Purn) Dr. Anton Charliyan Mantan Kapolda Jawa Barat sekalius Alumni sekolah PUI. (27/06)
Alhamdulillah, ada kunjungan dari DPW PUI Jawa Barat, karena kita ada agenda Halal Bi Halal dengan Pengurus PUI Kab. Tasikmalaya. Ini menjadi momentum yang berharga bagi kami bisa di hadiri oleh jajaran pengurus wilayah Jawa Barat”. Kata H. Dedi Dzulharman saat sambutan.
Rombongan PUI Jawa Barat kemudian melanjutkan pertemuan di DPD PUI Kota Tasikmalaya. Acara berlangsung di Sekretariat DPD PUI Kota Tasikmalaya. Acara dihadiri oleh perwakilan semua lembaga PUI, Baik PD PUI, Wanita, Pemuda, Brigade Intisab, Hima dan Hijar PUI Kota Tasikmalaya.

Foto Bersama seusai pertemuan dengan PUI Kota Tasikmalaya

DPD PUI Kota Tasikmalaya akan segera melaksanakan Musda. “Kita sedang menyiapkan kepanitiaan untuk melaksanakan Musyawarah Daerah PUI Kota Tasikmalaya. Insha Allah dalam waktu dekat akan kami sampaikan ke Wilayah untuk surat resmi nya. Selain itu, Alhamdulillah Organisasi Otonom dan Semi Otonom di Kota Tasikmalaya sudah ada kepengurusan semua”. Kata Asep Deni Ketua DPD PUI Kota Tasikmalaya pada sambutan Silaturahim dengan DPW PUI Jawa Barat. (Zoom)

Continue Reading

@ Copyright - Infokom DPW PUI Jabar