Connect with us

Berita PD

PUI KAB. BANDUNG BARAT PERIODE 2020-2025 RESMI DILANTIK

Published

on

Bandung Barat | Kamis, 17 Desember 2020 | 09.00-12.00 WIB.

Dengan menerapkan protokoler covid 19 yg ketat DPW PUI Jabar lantik Pimpinan Daerah PUI Kab. Bandung Barat periode 2020-2025, bertempat di Napak Sancang, Desa Mekarmukti Kec. Cihampelas Kab. Bandung Barat, dengan mengusung tema: “mempersatukan ummat menuju Bandung Barat yang maslahat“, acara tersebut dihadiri oleh kurang lebih 80 orang tamu undangan, yang terdiri dari perwakilan cabang PUI se-Kab. Bandung Barat, hadir pula oleh PW Wanita PUI Jabar, PW Pemuda PUI Jabar dan Ketua DPRD Kab. Bandung Barat.

Ketua Umum DPW PUI Jabar, Dr. H. Engkos Kosasih, Lc., M.Ag. “meminta pengurus PD PUI Kab. Bandung Barat yang baru dilantik agar menjaga amanat besar PUI dalam bingkai intisab dan ishlah tsamaniyah dan berharap mudah-mudahan bisa menjalankan amanat organisasi dengan sebaik mungkin, untuk mewujudkan visi, misi dan tujuan PUI” ujarnya.

“Engkos pun mengatakan PUI di KBB harus hadir dan eksis kembali dg semangat hayatul qulub dan ittihadul ummah untuk membangun peradaban yg lebih baik, karena itu beliau mengajak seluruh pengurus PD PUI Kab. KBB dan seluruh PC PUI untuk mendukung kepengurusan yg baru dilantik secara bersama-sama bekerja nyata dalam menjalankan kemandirian organisasi dan mewujudkan tujuan serta misi dan amanah rensta organisasi, diantaranya penanaman ideologi PUI (Intisab dan Ishlah Tsamaniyah), dg melaksanakan agenda kaderisasi taklim ishlah, untuk melakukan pembinaan ummat dan masyarakat, khususnya para anggota dan jama’ah PUI”, tandasnya.

Sementara itu Ketua Umum DPD PUI Kab. KBB, H. Aef Nurdin, M.Si. mengatakan bahwa pengurus yang baru dilantik mudah-mudahan bisa mengemban amanah dengan sebaik-baiknya, sehingga bisa berkhidmah kpd masyarakat, walaupun masih ada persoalan mendasar di PUI KBB yaitu permasalahan struktur PUI yg masih belum kokoh, tapi InsyaAllah pelantikkan ini sebagai langkah awal untuk menuju eksistensi PUI di KBB. Aef menambahkan seluruh permasalahan dan tantangan dakwah PUI di KBB, tentunya akan diselesaikan secara bersama dan bertahap sampai akhirnya seluruh masalah dan tatangan tadi bisa kita selesaikan, ujarnya.

Selanjutnya Ketua DPRD Bpk. H. Wismantoro, MSi., mengatakan bahwa PUI sejak berdirinya KBB sdh bisa memberikan warna dakwah dan memberikan konstribusinya bagi KBB, kami sangat mengapresiasi PUI di KBB, karena itu sy percaya kepengurusan PUI KBB yg baru dilantik bisa mewujudkan apa yg dicita2kan oleh PUI. Apalagi kader PUI sdh menduduki tempat2 strategis di KBB, dg modal sosial, modal organisasi dan modal politiknya PUI yang sdh bagus tinggal bagaimana kekuatan itu d kolaborasikan untuk kemajuan PUI di KBB. dan mdh2an bisa kolaborasi dg pemerintah kabupaten KBB. dalam mewujudkan kemajuan kabupaten Bandung Barat. (zoom)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita PD

DPW PUI Jabar Lantik PD PUI Subang di Tengah Masa Pandemi Covid 19

Published

on

Subang | Kamis, 24 Desember 2020 | 09.00-12.00 WIB.

Di tengah masa pandemi covid 19, DPW PUI Jabar lantik Pimpinan Daerah PUI Kab. Subang periode 2020-2025, bertempat di Kantor Sekretariat PUI Kab. Subang, dengan protokoler covid 19 acara tersebut dihadiri kurang lebih oleh 50 orang tamu undangan mengingat dibatasinya jumah yang hadir, acara ini dihadiri pula oleh PW Wanita PUI Jabar, PW Pemudi PUI Jabar, Kepala Kemenag Kab. Subang Bpk. H. Agus Sutisna, S.Ag., M.Pd. dan Ketua Umum DPP PUI KH. Nurhasan Zaidi. Secara bersamaan dilantik pula PD Wanita PUI dan PD Pemudi PUI Kab. Subang.

Ketua Umum DPW PUI Jabar, Dr. H. Engkos Kosasih, Lc., M.Ag. menyampaikan bahwa pelantikkan ini merupakan langkah awal untuk beramal dan jihad keorganisasian di PUI, maka kita dorong kepengurusan yang baru dilantik memiliki ruhul ikhlas dan ruhul tadhiyah, li dinillah supaya bisa mengetarkan subang dan pantura dengan kiprah dan kinerjanya. Selanjutnya Engkos mengucapkan selamat mengemban amanah dan meminta kepengurusan baru ini untuk menjaga serta menjalankan amanat besar PUI sebaik mungkin, untuk mewujudkan visi, misi dan tujuan PUI dalam bingkai Intisab dan Ishlah Tsamaniyah dengan selalu menjalankan amanah rentra PUI, diantaranya amanat kaderisasi pembinaan dan rekrutmen kader melalui taklim ishlah, majelisul ilmi dan malam ukhuwah, selanjutnya kader PUI harus punya loyalitas terhadap organisasi PUI dan istiqomah, tidak boleh mundur tanpa berita, ujarnya. Yang terakhir beliau titip kepengurusan baru ini untuk bisa bersinergi dan berkolaborasi dg ummaro, dalam hal ini pemerintah daerah kab. Subang, terutama kemenag Kab. Subang yang kepalanya pituin orang PUI, karena PUI tidak pernah konfrontatif dengan pemerintahan dan juga tidak terlalu tunduk dan mengekor, PUI bersikap profesional selama sinergitas itu positif dan konstruktif untuk kemajuan ummat dan masyarakat, tandasnya.

Sementara itu Ketua Umum DPD PUI Kab. Subang, Eman Suherman, S.Pd.I, mengatakan bahwa setelahnya mendapatkan amanah sebagai Ketua Umum DPD PUI Subang merasa berat, namun sebagai aktivis dakwah beliau siap ditugaskan dimanapun sekalipun ditengah hutan, karenanya beliau meminta dukungannya kepada semua pihak terutama para tokoh yang telah lebih dulu aktif di PUI untuk dapat bersama-sama menyelesaikan amanah dengan sebaik-baiknya.

Selanjutnya Eman mengatakan ada tiga hal yg harus segera diselesaikan oleh PUI Subang, pertama kaderisasi PUI untuk membina kader yang sudah ada dan merekrut kader baru, kedua meningkatkan kualitas pendidikan PUI di lembaga pendidikan PUI yang sudah ada di Subang, dan yg ketiga pengadministrasasian aset2 wakaf PUI. Pengurus yg baru dilantik ini diharapkan mampu mengemban amanah ini dg sebaik-baiknya, untuk kemajuan PUI di Subang, punkasnya.

Kepala Kemenag Kab. Subang Bpk H. Agus Sutisna, S.Ag., M.Pd., menyampaikan bahwa alhamdulillah bisa bersilaturahim mengingat ditengah pamdemi ini tatap muka itu sangat berharga, karena itu beliau menyampaikan salam silaturahim atas nama pribadi dan kemenag Kab. Subang. Lebih lanjut beliau mengungkapkan tantangan dakwah di subang yg terdekat adalah adanya pelabuhan internasional patimban yang tentunya akan memberikan ekses tidak hanya positif tetapi juga negatif terutama degradasi moral yang akan ditimbulkan, PUI harus memiliki strategi yang tepat dan jitu untuk menjawab tantangan ini yg tentunya sangat di tunggu sekali oleh masyarakat dan ummat.

Selanjutnya Ketua Umum DPP KH. Nurhasan Zaidi mengatakan bahwa dakwah ini adalah milik Allah SWT. karena milik-NYA, InsyaAllah Allah SWT. yg akan menjaga keberlangsungannya, banyak ayat Al-Quran yang jadi dasar untuk hal ini. Dakwah PUI sudah satu abad bahkan sudah berumur 103 tahun, sampai seusia itu tidaklah mudah tentunya untuk PUI terus eksis sampai saat ini. Selanjutnya beliau menyampaikan bahwa alhamdulillah PUI sudah ada di 20 provinsi dan beliaupun mengingatkan bahwa keadaan jaman sudah berbeda, ada hal-hal yang dianggap relevan jaman dahulu ternyata saat ini sudah tidak relevan lagi, ada bahasa jamannya, artinya metodologi dakwah PUI harus bisa menyesuaikan dg jamannya. Seperti aplikasi ojek online atau hotel online saat ini, mereka hanya bermodalkan ide, gagasan dan aplikasi bisa mengendalikan ribuan hotel dan kendaraan padahal bukan milik mereka, sementara PUI memiliki Madrasah ribuan tetapi kita tidak bisa mengendalikannya, kenapa?, karena kita tidak detail ngurus organisasi, tidak inovatif dan kreatif mengelola organisasi ini, karena segala sesuatunya di mulai dg gagasan atau ide, baru bicara yang lainnya termasuk dana, KH. Abdul Halim dan Ahmad Sanusi dahulu tidak memiliki bantuan dana dari APBD atau APBN tetapi bisa membuat ribuan madrasah dan ponpes, sementara kita yg memiliki fasilitas yang memadai tidak bisa melakukan hal yang sama.

Karena itu agenda PUI ke depan harus bisa menjawab tantangan dakwah yang semakin konfleks ini, walaupun sebenarnya secara umum dakwah d Indonesia itu nyaris tidak ada tantangan, dakwah kita asyik, kita bukan di suriah atau afganistan, tinggal bagaimana kita memiliki ide, inovasi dan kreativitas saja. Karenanya tugas kita di PUI yaitu harus bisa meningkatkan SDM yang berkualitas dengan kaderisasi yang berkesinambungan, meningkatkan kualitas pendidikan PUI dan optimalisasi aset wakaf PUI. PUI di subang harus maju dan bergeliat, dengan target meningkatkan kualitas manusia dan menghindari kebodohan, pungkasnya. (zoom)

Continue Reading

Berita PD

DPW PUI Jabar Lantik PD PUI Purwakarta

Published

on

Di tengah wabah covid 19  yang belum juga usai, tidak menyurutkan langkah dakwah Persatuan Ummat Islam (PUI) dalam menjalankan amanah Organisasi, salah satunya adalah dengan terselenggaranya Pelantikan Pimpinan Daerah. Pimpinan Daerah Persatuan Ummat Islam (PUI) Kab. Purwakarta resmi di lantik oleh Dewan Pengurus Wilayah PUI Jawa Barat.  Pelantikan di lakukan secara daring dan luring. (26/09)

Pelantikan juga di gabungkan dengan Pimpinan Daerah Wanita PUI Kab. Purwakarta. Ibu-ibu yang sangat semangat ingin sekali dilaksanakan secara luring, akan tetapi karena situasi yang belum memungkinkan maka di laksanakan secara daring dan luring. 

Dalam sambutannya Sekretaris Umum DPW PUI Jawa Barat, H. Saefullah Maruf menekankan agar kepengurusan PUI Purwakarta bisa menjadi organisasi percontohan. “Semoga PUI Kab. Purwakarta bisa menjadi organisasi percontohan di Jawa Barat”. 

Acara pelantikan meskipun dengan peserta undangan terbatas akan tetapi dilaksanakan secara khidmat dan penuh semangat. Apalagi dengan hadirnya Ust. Eka Hardiana sebagai ketua DPP PUI. dalam Taujihnya Ust. Eka sapaan akrabnya, menekankan pentingnya berjamaah, menjaga doktrin intisab dan Islah Tsamaniyah sebagai Doktrin Persatuan Ummat Islam (PUI). (Zoom)

Continue Reading

Berita PD

Peduli dan Berbagi, Brigade Intisab PUI Salurkan Paket Sembako untuk dhuafa & Guru ngaji

Published

on

Penyaluran Sembako 
Garut – Komando Distrik Brigade Intisab PUI Kab. Garut bagikan Ratusan Paket sembako untuk Dhuafa dan Guru Ngaji. Rabu, 27 Ramadhan 1441 H. (21/05)
Alhamdulillah hari ini kita bisa menyalurkan Sekitar 100 paket Sembako untuk dhuafa dan Guru ngaji” Kata Agus Nurjaman kepada Humas PUI Jabar melalui telpon.
“Pembagian Sembako Gratis ini merupakan wujud kepedulian Brigade Intisab PUI Garut kepada duafa dan Guru ngaji yang sudah beberapa bulan terkena dampak dari pendemi Covid-19“.
Selanjutnya, Agus Juga Berharap pembagian Sembako ini dapat membantu meringankan saudara saudara kita disaat pendemi  Covid-19 ini.
Dipenghujung pendistribusian, Agus Nurjaman yang Juga merupakan Komandan Distrik Brigade Intisab PUI Garut, mengajak seluruh elemen Masyarakat untuk Bahu membahu membantu serta meringankan beban saudaranya dengan saling berbagi kebaikan.
Insyaallah Pahala yang  Besar dan berlipat ganda menanti kita semua, Aamiin” Pungkasnya. (Zoom)
Continue Reading

@ Copyright - Infokom DPW PUI Jabar